Sabtu, 18 Februari 2012

Ponsel dan Gaya Hidup Konsumtif

Martin cooper Mbah nya Dynatac / moyangnya ponsel sekarang kayaknya
HALO.....HALO....
Aku gak punya PULSAAAAAAA.....pasti gak asing lagi kan sama Scene ini disalah satu Iklan operator seluler di Tv indonesia ini hehehe. kali ini berhubung hal itu terjadi sama ane, jadi kepengen berbagi sama sobat sekalian ^_^.

Sobat, dijaman sekarang pasti sudah gak Asing lagi kan sama yang namanya Ponsel alias Hp?? dan apalagi sekarang lagi ngetrend yang namanya BB (Bau Badan) eh... Blackberry maksudne. btw blackberry itu masuk kategori ponsel gak ya?? (Ndesoo)

Keren ka Ponsel ane ??

makin mengecil nih ukurannya ^ ^a

Penemu sistem telepon genggam yang pertama adalah Martin Cooper, seorang karyawan Motorola pada tanggal 03 April 1973 (udah lama banget ya??), walaupun banyak disebut-sebut penemu telepon genggam adalah sebuah tim dari salah satu divisi Motorola (divisi tempat Cooper bekerja) dengan model pertama adalah DynaTAC. Ide yang dicetuskan oleh Cooper adalah sebuah alat komunikasi yang kecil dan mudah dibawa bepergian secara fleksibel.

Cooper bersama timnya menghadapi tantangan bagaimana memasukkan semua material elektronik ke dalam alat yang berukuran kecil tersebut untuk pertama kalinya. Namun akhirnya sebuah telepon genggam pertama berhasil diselesaikan dengan total bobot seberat dua kilogram. Untuk memproduksinya, Motorola membutuhkan biaya setara dengan US$1 juta. “Pada tahun 1983, telepon genggam portabel berharga US$4 ribu (Rp36 juta) setara dengan US$10 ribu (Rp90 juta).

Setelah berhasil memproduksi telepon genggam, tantangan terbesar berikutnya adalah mengadaptasi infrastruktur untuk mendukung sistem komunikasi telepon genggam tersebut dengan menciptakan sistem jaringan yang hanya membutuhkan 3 MHz spektrum, setara dengan lima channel TV yang tersalur ke seluruh dunia.

Tokoh lain yang diketahui sangat berjasa dalam dunia komunikasi selular adalah Amos Joel Jr yang lahir di Philadelphia, 12 Maret 1918, ia memang diakui dunia sebagai pakar dalam bidang switching. Ia mendapat ijazah bachelor (1940) dan master (1942) dalam teknik elektronik dari MIT. Tidak lama setelah studi, ia memulai kariernya selama 43 tahun (dari Juli 1940-Maret 1983) di Bell Telephone Laboratories, tempat ia menerima lebih dari 70 paten Amerika di bidang telekomunikasi, khususnya di bidang switching. Amos E Joel Jr, membuat sistem penyambung (switching) ponsel dari satu wilayah sel ke wilayah sel yang lain. Switching ini harus bekerja ketika pengguna ponsel bergerak atau berpindah dari satu sel ke sel lain sehingga pembicaraan tidak terputus. Karena penemuan Amos Joel inilah penggunaan ponsel menjadi nyaman.
(wikipedia.com)

Dewasa ini Ponsel sudah menjamur dimana-mana, hampir setiap orang udah tau yang namanya ponsel dan memiliki Ponsel (terkecuali yang hidup di pedalaman hutan gak ada tayangan TV, koran, Radio dll) hehehe. keberadaan ponsel memang bisa dikatakan banyak manfaatnya. mulai dari memudahkan komunikasi, mengakses internet, mengambil foto video dan masih banyak lagi yang lainnya.


Akan tetapi ternyata dibalik segudang kegunaan dan manfaatnya itu ternyata ponsel juga banyak Mudharat/Kerugian yang ditimbulkannya. sebut saja menyebabkan kanker, jadi sarana penyebaran konten Pornografi, tindak kejahatan, gaya hidup Boros dll.


Ponsel membuat manusia menjadi konsumtif berlebihan plias Boros, sebut saja pemakaian pulsa....di tengah bejibunnya tawaran-tawaran menggiurkan dari berbagai Operator telepon seluler mengakibatkan tingginya angka konsumsi Pulsa (bukan dimakan :P) bisa dipastikan hampir rata-rata setiap hari ada jutaan bahkan ratusan juta Pulsa yang di hamburkan setiap harinya mulai dari menghambur secara kecil-kecilan melalui SMS (Semua Makan Sosis) eh bukan itu ^ ^a (Short Message Service) sampai kepada tingkatan yang lebih besar lagi seperti Menelepon dan mengakses internet. kata Tatang Sutarma sih "kan ada Bonus" :P
yah memang sih ada bonus tapi kan bonus gak didapat begitu saja, pasti ada tumbal (ngeri >.<) atau syarat tertetu semisal biar dapat SMS gratis harus Daftar Paket atau Kirim sekian Sms, begitupun dengan Menelepon atau Internet. misalnya Tiap SMS seharga 100 rupiah dan anda di haruskan mengirim 10 SMS biar dapat gratisan, jadinya kan 1000  dapat Bonus pun walau kadang ada yang ratusan bahkan ribuan SMS...tapi cuman 24 jam, besoknya yah harus diulag lagi. bayangin aja kalau tiap hari 1000, satu minggu jadi 8000, satu bulan jadi 3000 trus satu tahun jadi berapa ya? (Tau ah, males hitung nya yang pasti Nol nya banyak tuh :P) disamping Konsumsi Pulsa yang Luar Biasa, para Operator telepon seluler pun menerapkan kebijakan yang tanpa disadari sudah mirip kayak Lintah Darat. para pengguna bisa dikatakan harus selalu rajin mengisi Pulsa, karena ada yang namanya masa tenggang dan masa aktif kartu. nomor saya sendiri gara-gara males di idi pulsa jadinya masa aktif pulsanya kadang hanya seminggu. sialan dah masa pulsa ane masih banyak udah gak bisa ngapa-gapain gara-gara masa aktifnya sudah habis broro banget kalau harus rutin ngisi pulsa yang kadag belum benar2 perlu cuman hanya menyelamatka masa aktif Kartu OTL(maaf Curhat).

Nah Sobat kalau dipikir-pikir, karena begitu banyaknya Mudharat dari posel makanya itu dibutuhkan kebijaksanaan dari kita para pemakai, bagaimana baiknya tanpa harus Boros dalam penggunaan ponsel tersebut. maaf kalau bahasanya ngaco hehehe lebih baik bahasanya ngaco daripada bahasanya Alay :P

Tidak ada komentar:

Posting Komentar